Rabu, 22 Juni 2016

Persamaan Dasar Akuntansi



Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi? 


Persamaan Dasar Akuntansi merupakan sebuah hubungan antara harta, utang, dan juga modal yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan sebagai dasar pencatatan sistem akuntansi yaitu sistem aktiva dan pasiva yang digunakan dalam pencatatan pada setiap transaksi yang terjadi.

Persamaan Dasar Akuntansi terjadi ketika adanya keseimbangan antara sisi kiri atau aktiva dan sisi kanan atau pasiva sehingga menimbulkan keseimbangan pada posisi keuangan. 

Persamaan Dasar Akuntansi terdiri dari beberapa unsur yaitu:
  1. Harta (Assets)
    Aset adalah  sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu, dan di masa depan manfaat ekonomi dari sumber diharapkan akan diperoleh perusahaan.
  2. Utang (Liabilities)
    Liabilitas merupakan tanggung jawab perusahaan pada saat ini yang timbul dari peristiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diperkirakan akan membutuhkan sumber daya perusahaan.
  3. Modal (Equity)
    Ekuitas adalah sisa kepentingan dalam aktiva suatu perusahaan setelah dikurangi kewajiban.
  4. Pendapatan (Revenue)
    Pendapatan adalah aliran masuk atau peningkatan lain atas aktiva atau penurunan kewajiban perusahaan sebagai akibat dari aktivitas penyerahan/penjualan atau pembuatan barang, jasa atau aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus.
  5. Beban (Expenses)
  6. Beban adalah arus keluar atau penggunaan lain atas aktiva atau peningkatan kewajiban karena adanya penyerahan atau pembuatan barang, jasa atau melakukan aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus.  

 Sesuai dengan judul, kita membahas tentang Persamaan, tentang apa? Tentang Dasar dari Akuntansi...

Persamaan Dasar Akuntansi dapat terjadi ketika ada minimal 2 unsur yang terlibat, yaitu:

Harta = Modal

Harta suatu perusahaan atau entitas, diibaratkan sebagai modal mereka dalam memulai usaha mereka.

Modal yang mereka gunakan dapat berasal dari modal sendiri maupun dari pinjaman oleh pihak lain, sehingga menghasilkan persamaan berikut:

Harta = Utang + Modal

Ketika perusahaan telah beroperasi, maka perusahaan dapat menghasilkan pendapatan melalui modal dan utang yang digunakan, dan disisi lain juga menghasilkan beban sebagai suatu yang telah digunakan oleh perusahaan yang dapat mengurangi jumlah harta perusahaan, sehingga menghasilkan persamaan:

Harta = Utang + Modal + Pendapatan - Beban



Persamaan Dasar Akuntansi itu Fungsinya Apa???

Persamaan Dasar Akuntansi digunakan untuk mengetahui perubahan kekayaan dalam perusahaan setiap terjadinya suatu transaksi serta untuk mengetahui berapa yang telah digunakan dan dibelanjakan dalam suatu periode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan tersebut. 

Setiap transaksi keuangan perusahaan yang terjadi akan mengakibatkan terjadinya perubahan posisi keuangan perusahaan, tetapi kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi keseimbangan pada persamaan dasar akuntansinya. Setiap transaksi keuangan yang terjadi dicatat melalui sistem pencatatan ganda atau double bookeping entry yang artinya pada setiap transaksi yang terjadi akan mempengaruhi dua akun, perubahan pada satu akun akan diiringi dengan perubahan pada akun lainnya sebagai penyeimbang.




1 komentar: